Pembelajaran Bahasa Kedua yang Menyenangkan Menggunakan Metode Bermain Peran pada Siswa Kelas II A MI NU Miftahul Huda 02 Karangmalang

  • Mahfud Nahrowi Intitut Agama Islam Negeri Salatiga, Indonesia
  • Moh.Badiul Anis Intitut Agama Islam Negeri Salatiga, Indonesia
Keywords: pembelajaran bahasa kedua, menyenangkan, metode bermain peran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Bahasa Kedua yang menyenangkan secara fisik dan non fisik setelah menggunakan metode bermain peran di kelas II A MI NU Miftahul Huda 02 Karangmalang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, bentuk penelitian ini adalah survei, sifat penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dalam pelaksanaannya berkolaborasi dengan guru kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru kelas dan 18 orang siswa kelas II A. Pembelajaran Bahasa Kedua yang menyenangkan menggunakan metode bermain peran di kelas II A MI NU Miftahul Huda 02 Karangmalang mengalami peningkatan dari base line sebesar 19,59% ke siklus II menjadi 76,95% meningkat sebesar 57,36% dengan dikatagorikan “Cukup Tinggi”.

Published
2019-08-23
Section
Articles