Pengaruh Metode Pembelajaran Collaboration Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Mengendalikan IQ Dan Motivasi Belajar

  • Miksan Ansori Institut Agama Islam Faqih Asy'ari Kediri, Indonesia
Keywords: metode pembelajaran, Collaboration Problem Solving, IQ,, motivasi belajar, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adakah perbedaan metode mengajar dosen dalam mata pelajaran statistika terhadap hasil belajar jika IQ dan motivasi belajar siswa dikendalikan. Dengan populasi seluruh siswa SMPI Al A’la, sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa yang dibagi dalam 4 kelas yang berisi masing-masing 15 siswa. Treatment diberikan kepada pengajar pada kelas D yaitu pemberian metode pembelajaran Collaboration Problem Solving. Dependent variable dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa, sedangkan IQ dan dan motivasi belajar digunakan sebagai covariat variables. Sebelum dilakukan analisis kovariansi, dilakukan uji asumsi terlebih dahulu, yaitu uji normalitas data dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji F hasil belajar antara metode pembelajaran memiliki nilai sebesar 4,217 dengan sig. sebesar 0,009. Karena sig. kurang dari taraf signifikansi (α) sebesar 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, atau dengan kata lain terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diberikan metode pembelajaran yang berbeda jika dikendalikan IQ dan motivasi belajarnya. Dengan melakukan uji lanjut dengan metode Tukei HSD juga dapat diketahui bahwa hasil belajar yang diperoleh pada kelas dengan metode pembelajaran Collaboration Problem Solving memiliki perbedaan yang signifikan dibandingkan kelas A menggunakan metode pembelajaran ceramah dengan nilai sig. 0,14, kelas B menggunakan metode penugasan individu  dengan nilai sig. 0,005 , dan kelas C menggunakan metode pembelajaran diskusi-presentasi dengan nilai sig. 0,004. Jika melihat perbedaan reratanya, maka dapat diketahui bahwa metode pembelajaran Collaboration Problem Solving yang diterapkan pada kelas D, memberikan hasil belajar yang paling baik dibandingkan metode-metode yang lain.

Published
2019-09-16
Section
Articles