Kontribusi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Perkembangan Sistem Ekonomi Islam

  • Nur Fadilah Sekolah Tinggi Ilmu Syari'ah Faqih Asy'ari
Keywords: IPTEK, Sumer Daya Manusia, Sistem Ekonomi Islam

Abstract

Perkembangan dunia IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Sistem kerja yang telah mengalih fungsikan tenaga manusia dengan ilmu pengetahuan  dan kecanggihan teknologi yang menakjubkan.

Peradaban bangsa dan masyarakat dunia di masa depan sudah dipahami dan disadari akan berhadapan dengan situasi serba kompleks dalam berbagai cabang ilmu pengetahuan. Oleh karena itu untuk mendayagunakan IPTEK diperlukan nilai-nilai luhur agar dapat dipertanggungjawabkan.

Perdebatan  bahwa kontribusi IPTEK dengan perkembangan sistem ekonomi Islam suatu kawasan masih saja berlangsung. Hal ini disebabkan tidak adanya suatu teori, penelitian, atau model yang dapat menjelaskan hubungan kedua faktor di atas. Diperlukan suatu pengujian dengan menggunakan metode yang sahih untuk menghasilkan suatu kesimpulan yang akurat tentang arah pengembangan dan kontribusi aplikasi IPTEK dengan perkembangan sistem ekonomi Islam. Walaupun demikian, sebagian komunitas tetap meyakini bahwa kontribusi IPTEK terhadap perkembangan sistem ekonomi Islam suatu wilayah tertentu

Published
2019-05-01
Section
Articles