Pemasaran Syariah dalam Upaya Optimalisasi Peran Lembaga Amil Zakat di Indonesia

  • Siti Kalimah Institut Agama Islam Faqih Asy'ari Kediri
Keywords: Lembaga Amil Zakat, Zakat, Pemasaran Syariah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran strategi pemasaran syariah dalam mendukung peran Lembaga Amil Zakat terutama dalam optimalisasi pengumpulan dana zakat, infaq, sedekah, dan waqaf (ZISWAF) dari masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan berdasarkan kajian kepustakaan (library research). Negara Indonesia memiliki jumlah masyarakat yang sangat banyak dan mayoritas adalah masyarakat beragama muslim. Meskipun demikian, masih ditemukan sebagian masyarakat yang masih dibawah garis kemiskinan yakni sekitar 9,66% dari keseluruhan jumlah masyarakat Indonesia pada tahun 2018 sebanyak 265 juta jiwa. Peran Lembaga Amil Zakat (LAZ) dalam optimalisasi pengumpulan dan pengelolan dana (ZISWAF) diharapkan dapat menekan angka kemiskinan. Namun dalam praktiknya masih minimnya pengetahuan serta kesadaran masyarakat dalam menunaikan kewajibannya untuk membayar zakat. Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa zakat yang wajib dibayarkan setiap tahunnya adalah zakat fitrah, sedangkan zakat mal (harta) tidak wajib. Oleh karena itu perlunya strategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan visi misi Lembaga Amil Zakat (LAZ) harus diterapkan. Lembaga Amil Zakat dapat melakukan strategi pemasaran syariah, yakni menerapkan proses segmenting, tragetting, positioning di dalam pemasaran mereka dan dibingkai dalam produk yang sesuai syariah islam. Pengenalan atau sosialisasi produk-produk lembaga amil zakat harus tepat sasaran, dan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat dengan cepat. Oleh karena itu penggunaan teknologi juga diperlukan untuk mempercepat sosialisasi, memperluas jangkauan, dan mendukung konsep transparansi agar kepercayaan masyarakat terhadap Lembaga Amil Zakat dapat meningkat

Published
2019-05-01
Section
Articles